Kamis, 03 Oktober 2019

GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI)

Graphic User Interface (GUI) adalah suatu aplikasi dalam Java yang berbasis grafik. GUI membuat hasil dari suatu program tampak menarik dan nyaman ketika digunakan oleh para user serta kemudahan penggunaan program. Java menyediakan dua kelas untuk GUI, yaitu AWT (Abstract Windowing Toolkit) dan Swing.


  1. AWT (Abstract Windowing Toolkit)

AWT terdapat pada package java.awt. Package java.awt berisi komponen-komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi. Tampilan dari java.awt menyesuaikan dengan sistem operasi sehingga mengakibatkan dependensi sistem. Kelas yang terdapat pada package java.awt seperti component, container, window, frame, panel dan dialog.
adapun contoh dari pemerograman AWT adalah sebagai Berikut:

Kode Program
import java.awt.*;
public class cthAWT1 {
public static void main(String[] args) {
Frame myFrame = new Frame("Contoh program AWT");
Label myLabel = new Label("Selamat belajar JAVA");
myFrame.add(myLabel);
myFrame.setSize(200,150);
myFrame.show();
}
}

setelah kita mengetikan kode program tersebut dengan menggunakan textpad maka langkahselnjutnya adalah kita jalankan program tersebut dengan menggunakan perintah sebgai berikut:
  1. CTRL + 1 = Untuk mengkompile Program Java
  2. CTRL + 2 = Untuk Menjalankan Program Java


 maka kita akan mendapatkan hasil untuk contoh AWT1 seperti gambar dibawah ini


selanjutnya kita akan membahas contoh pemegraman AWT2 dengan Java,

Kode Program


import java.awt.*;
class frameTurunan extends Frame {
Label myLabel = new Label("Selamat Belajar JAVA!");
public frameTurunan(String judul) {
setTitle(judul);
setSize(200,200);
add(myLabel);
show();
}
}
public class cthAWT2 {
public static void main(String[] args){
      frameTurunan f = new frameTurunan("Ini Frame Turunan");
}
}


untuk program diatas hasilnya akan tampak seperti berikut:
selanjutnya menggunkan program java Ctwings, berikut adalah kode dari program tersebut

import java.awt.*;
public class cthAWT3 {
public static void main(String[] args) {
Frame myFrame = new Frame("Contoh program AWT");
Label myLabel = new Label("Batal");
myFrame.add(myLabel);
myFrame.setSize(200,150);
myFrame.show();
}
}

selanjutnya ada lagi CTHSwing2.java. berikut adalah kode programnya

Kode Program 

import javax.swing.*;
class frameTurunan extends JFrame {
JLabel myLabel = new JLabel("Selamat Belajar JAVA!");
public frameTurunan(String judul) {
setTitle(judul);
setSize(200,200);
add(myLabel);
setVisible(true);
}
}
public class cthSwing2 {
public static void main(String[] args) {
frameTurunan f = new frameTurunan("Ini Frame Turunan");
}
}

dan berikut aalah hasil tampilannya:
selanjutnya untuk menghasilakn buton Batal pada java dengan berbasis GUI. Berikut adalah kode pemerograman nya

Kode Program

import java.awt.*;
public class cthAWT3 {
public static void main(String[] args) {
Frame myFrame = new Frame("Contoh program AWT");
Label myLabel = new Label("Batal");
myFrame.add(myLabel);
myFrame.setSize(200,150);
myFrame.show();
}
}

dan berikut adalah tampilan dari hasil pemerograman tersebut:


terimaksih telah singgah di block ini. semoga dapat bermanfaat untuk yg singgah. salam manis dan senyum lebar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar