KOMPONEN GUI
Swing merupakan alternatif lain untuk
mengimplementasikan pemprograman Window. Walaupun diimplementasikan berdasarkan
kelas AWT, Swing tidak menggunakan komponen-komponen yang terdapat pada AWT,
sehingga tampilan-tampilan komponen-komponen dalam Swing tidak tergantung pada
sistem Window local.Dengan demikian tampila grafik dari Swing untuk semua
system operasi menjadi serupa.
JComponent merupakan super kelas bagi sejumlah
kelas, misalnya JComboBox, JLabel, JList dan JPanel dan lainnya. Berikut ini
merupakan beberapa kelas yang terdapat dalam package javax.swing yang sering
dipergunakan. berikut adalah salah satu pemerogramannya.
- Membuat Program Contoh Dari Jlabel dan Jbutton Menggunakan Icon dan Tool Tip
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
public class cthIcon {
public
static void main(String[] args) {
JFrame
myFrame = new JFrame("Contoh program AWT");
Icon
ikon = new ImageIcon("0002.GIF");
JLabel
myLabel = new JLabel("Selamat belajar JAVA", ikon,
SwingConstants.CENTER);
JButton
myButton = new JButton("SELESAI", ikon);
myButton.setToolTipText("ini
adalah Button");
myLabel.setToolTipText("ini
adalah Label");
myFrame.setLayout(new
BorderLayout());
myFrame.add(myLabel,
"South");
myFrame.add(myButton,
"North");
myFrame.setSize(500,500);
myFrame.setVisible(true);
myFrame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
}
dan pelu dingat kembali:
- simpan dengan nama cthIcon.java
- CTRL + 1 untuk mengkompile program java
- CTRL + 2 untuk menjalankan program
2. Membuat Program Menggunakan JFileChooser
import javax.swing.*;
import javax.swing.filechooser.*;
import java.io.File;
public class ContohJFileChooser extends JFrame
{
public
static void main (String [] args) {
ContohJFileChooser
apl = new ContohJFileChooser ();
}
public
ContohJFileChooser () {
setSize
(400, 150);
JFileChooser
jfc = new JFileChooser ();
FileFilter
filterDotJava = new Akhiran(".java", "Berkas*.java");
jfc.setFileFilter(filterDotJava);
int
hasil = jfc.showOpenDialog(this);
if
(hasil == JFileChooser.APPROVE_OPTION)
setTitle("Tes
JFileChooser. File: " + jfc.getSelectedFile().getName());
else
setTitle("Tes
JFileChooser. Batal memilih");
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setVisible(true);
}
}
class
Akhiran extends FileFilter {
private
String ekstensi;
private
String keterangan;
public
Akhiran(String suffix, String deskripsi) {
this.ekstensi
= suffix;
this.keterangan
= deskripsi;
}
public
boolean accept(File f) {
if
(f.isDirectory())
return
true;
return
f.getName().endsWith(ekstensi);
}
public
String getDescription() {
return
keterangan;
}
}
dan pelu dingat kembali:- simpan dengan nama cthJfile.java
- CTRL + 1 untuk mengkompile program java
- CTRL + 2 untuk menjalankan program
maka setelah selesai menuliskan kode diatas maka jalan kan program dan akan muncul hasil tampilan seperti di bawah ini:
lalu apabila kita memilih salah satu data dari data tersebut maka akan ada tampilan seperti di bawah berikut ini:
selanjut nya apabila kitatelah memilih salah satu data maka muncul kembali tampilan seperti berikut ini:
maka apabila kita tidak memilih maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:
3. Membuat Program dengan Menggunkan JTextArea, JList dan JSpiner
import javax.swing.*;
import javax.swing.event.*;
import java.awt.*;
class cthList extends JFrame
{
JList daftar;
JTextArea
tArea1, tArea2;
JPanel
Panel1, Panel2, Panel3, Panel4;
JSpinner
Spin;
String
daftarBunga[] = { "Melati", "Mawar",
"Krisan","Kenanga", "Cempaka",
"Tulip","Kamboja Jepang" };
public cthList() {
super("TesJList");
setSize(350,
300);
Spin
= new JSpinner();
Spin.setValue(new
Integer(10));
Panel1
= new JPanel();
Panel2
= new JPanel();
Panel3
= new JPanel();
Panel4
= new JPanel();
daftar
= new JList(daftarBunga);
daftar.setSelectedIndex(0);
tArea1
= new JTextArea("",3, 15);
tArea1.setEditable(false);
tArea2
= new JTextArea("",3, 15);
tArea2.setEditable(false);
setLayout(new
BorderLayout());
add(Panel1,
"North");
add(Panel2,
"West");
add(Panel3,
"East");
add(Panel4,
"South");
Panel1.add(daftar);
Panel2.add(tArea1);
Panel3.add(tArea2);
Panel4.add(Spin);
setDefaultCloseOperation(3);
setVisible(true);
daftar.addListSelectionListener(new
ListSelectionListener()
{
public
void valueChanged(ListSelectionEvent e) {
tArea1.setText("Yang
terpilih: \n"+daftar.getSelectedValue());
}
}
);
Spin.addChangeListener(new
ChangeListener() {
public
void stateChanged(ChangeEvent e) {
tArea2.setText("Nilai
: \n" +Spin.getValue());
}
}
);
}
}
public
class ContohJList {
public
static void main(String[] args) {
cthList
apl = new cthList();
}
}
- simpan dengan nama cthJList.java
- CTRL + 1 untuk mengkompile program java
- CTRL + 2 untuk menjalankan program
maka setelah selesai menuliskan kode diatas maka jalan kan program dan akan muncul hasil tampilan seperti di bawah ini:
maka setelah kita memilih maka akan muncul seperti tampilan berikut ini:
4. Membuat Program Dengan Menggunakan JProgressBar
import javax.swing.event.*;
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
class CthJProgressBar extends JFrame implements
ActionListener {
public
final static int SELANG_WAKTU_TUNGGU = 1;
public
final static int MAKS = 1000;
JProgressBar
pb;
JButton
b;
Timer
timer;
int
posisi = 0;
public
CthJProgressBar(){
super("Tes
JProgressBar");
setSize(300,
120);
pb
= new JProgressBar(0, MAKS);
b
= new JButton("Mulai");
JPanel
p = new JPanel();
p.add(b);
setLayout(new
BorderLayout());
add("North",
p);
add("South",
pb);
//
-- Set Timer
timer
= new Timer(SELANG_WAKTU_TUNGGU, new ActionListener(){
public
void actionPerformed(ActionEvent evt) {
posisi++;
pb.setValue(posisi);
if
(posisi == MAKS) {
timer.stop();
b.setText("Mulai");
}
}
});
b.addActionListener(this);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setVisible(true);
}
public
void actionPerformed(ActionEvent e ){
String
s = e.getActionCommand();
if
(s.equals("Mulai")){
b.setText("Stop");
posisi
= 0;
pb.setValue(posisi);
timer.start();
}
else
{
b.setText("Mulai");
timer.stop();
}
}
}
public class ContohJProgresBar {
public
static void main(String[] args){
CthJProgressBar
apl = new
CthJProgressBar();
}
}
- simpan dengan nama cthJProgressBar.java
- CTRL + 1 untuk mengkompile program java
- CTRL + 2 untuk menjalankan program
maka setelah selesai menuliskan kode diatas maka jalan kan program dan akan muncul hasil tampilan seperti di bawah ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar